Kicau Burung Dicaeum Chrysorrheum

Standard

Siapa yg tidak kenal burung cucak keling dgn ciri khas suaranya yg amat sangat melengking di telinga? Ya, burung yg serta dinamakan perling kumbang ini mempunyai nama ilmiah Aplonis panayensis. Burung ini mempunyai tidak sedikit variasi nama dari beraneka ragam daerah, di Jawa dipanggil pun dgn nama keling, camperling, di Sumatera dinamakan brling, kembang, di Sunda sendiri dikasih nama kalolojang, geuri, sedangkan di Melayu dikenal bersama nama perling atau lilin. Burung ini mempunyai ukuran badan segede 20 centimeter dgn warna hitam legam yg mengkilat kehijauan & matanya berwarna merah.

Burung cucak keling kebanyakan terdapat diberbagai daerah dgn dataran rendah yg mempunyai ketinggian sampai 1200 mdpl. Trik hidup dari burung keling ini kebanyakan berkelompok bersama kegiatan makan, bersarang dgn & beristirahat. Burung keling rata-rata memakan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, mangga & buah ara.

Tapi ada pula tipe burung ini yg memakan serangga, nektar, siput & laba-laba. Keling rata-rata tidak sedikit bersarang di kurang lebih lubang pohon, atau kepada percabangan pohon. Sarang sendiri umumnya disusun dari kertas & pula rerumputan.

Selanjutnya kita akan kupas juga mengenai harga burung yang saat ini berlaku di Indonesia. Di Indonesia sendiri saat ini banyak yang penasaran dengan Harga Murai Batu yang katanya cukup murah, kemudian ada juga Harga Kacer dan Harga Cucak Ijo.

Cucak keling kebanyakan mempunyai nada kicauan yg teramat khas seperti “tcir” & “ciuw”, tapi Kamu janganlah berani-berani berada di dekatnya waktu keling sedang berkicau, dikarenakan suaranya amat menyakitkan telinga. Tidak Serupa dgn nada masteran cucak ijo yg pun sejenis burung cucak-cucakan yg bakal menirukan nada apapun dikala dirinya mendengarnya. Adapun trik merawat cucak keling biar serta-merta gacor yaitu yang merupakan berikut.

Memberi makanan penambahan kepada burung keling ini dgn memberinya kroto. Kamu sanggup memberikan kroto jumlahnya 1 sendok teh di tiap pagi. Mandikan burung cucak keling pada pukul setengah tujuh atau jam tujuh di pagi hri lewat semprotan secukupnya saja. Sesudah Kamu memandikannya, angin-anginkan burung biar bulunya segera kering.

Terhadap waktu ini, Kamu dapat memberikannya makanan seperti 3 ekor belalang hijau ataupun jangkrik & pun ulat hongkong banyaknya 2 ekor. Sesudah dikasih makan penambahan, dulu jemur kembali burung sewaktu 2-3 jam. Kamu dapat memberikannya makanan buah-buahan, seperti mangga, pepaya, apel, maupun pisang. Dikarenakan burung keling ini yakni hewan pemakan segala, sejak mulai dari buah-buahan sampai serangga & hewan yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s